Jual Alat Guardrail Berkualitas dan Berpengalaman di Bidangnya

Jual Alat GuardrailJual alat guardrail berkualitas tentu akan dicari orang-orang yang ingin membuat pagar pengaman jalan. Tapi sebelum itu, sebaiknya harus tahu dulu apa itu guard rail. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah pagar pengaman jalan.

Tentu saja dengan mendengar arti dari guardrail ini, pastinya Anda sudah punya gambaran seperti apa guardrail yang akan dibuat nanti. Guard rail merupakan sistem pengaman kendaraan atau orang yang biasanya terbuat dari rail baja atau besi sebagai pagar yang ada di jalan-jalan berbahaya.

Jadi, tidak semua lokasi akan dibangun alat guardrail ini hanya ada beberapa lokasi yang memenuhi persyaratannya saja seperti jalan bebas hambatan atau toll, sungai, pegunungan, jurang dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk fungsi dari guardrail sendiri adalah untuk menjadi pelindung supaya kendaraan yang melewatinya tetap terlindungi dengan baik dan tidak akan terjatuh ke jurang ataupun sungai. Karena itu, guardrail akan dipasang di jalanan berbahaya.

Guardrail yang terbuat dari bahan baja biasanya akan dibentuk dengan menggunakan mesin cold-roll supaya menghasilkan beam baja yang berkualitas atau biasa disebut w-beam.

Guardrail memiliki sifat anti karat atau lapisan galvanis supaya lebih tahan terhadap terik matahari maupun air hujan. Hingga saat ini, guardrail masih menjadi teknologi paling aman yang akan digunakan sebagai pembatas jalan.

Alat ini dapat membantu mencegah kendaraan yang menabraknya supaya tidak terlempar ke luar jalur atau jalur hitam ketika mengalami kecelakaan. Tentu saja, kecelakaan yang membuat kendaraan masuk ke jurang atau sungai harus benar-benar dicegah supaya meminimalisir korban akibat peristiwa naas ini.

Pagar pengaman jalan dipasang di jalanan berbahaya supaya mengingatkan para pengemudi jika ada bahaya seperti jurang atau sungai dan menjadi pelindung bagi para pengguna jalan agar tidak terperosok.

Biasanya, guardrail di pasang di jalan-jalan yang menikung baik yang ada jurangnya atau tidak. Dan dikombinasikan dengan rambu. Guardrail juga bisa dipasang di jalan-jalan lurus yang sisi jalannya terdapat jurang dan sisi jalannya ada perbedaan ketinggian sehingga akan membuat para pengguna jalan berada dalam keadaan berbahaya saat melewatinya.

Spesifikasi Pagar Pengaman Jalan (Guardrail)

Setelah mengetahui apa itu guardrail dan fungsinya, Anda juga perlu mengetahui spesifikasinya. Jadi spesifikasi para pengaman jalan secara teknis adalah sebagai berikut:

Ukuran guardrail

1. Beam atau lempengan besi

Beam atau lempengan besi merupakan sebuah plat besi yang akan disambungkan pada lempengan besi melengkung atau yang disebut dengan terminal end. Untuk ukuran dari lempengan besi sendiri minimal seperti ini:

  1. Penampang melintang dengan ketebalan 2,67 mm, lebar 312 mm dan tebak lekukan sebesar 83 mm.
  2. Panjang lempengan dimana panjang total lempengan adalah 4300 mm, panjang efektif lapangan adalah 4000mm.

2. Lengan beam

  1. Sesuai ukuran beam atau lempengan besi
  2. Penampang memanjang yang ukurannya 725 mm untuk panjang total, 540 mm untuk panjang efektif. 240 mm untuk jari-jari lekukan keluar, 580 mm untuk jari-jari lekukan dalam dan 250 mm untuk tebal lekukan.

3. Tiang Post atau Penyangga

Tiang penyangga adalah sebuah tiang dengan bentuk letter U yang kuat dengan ketebalan plat dari 4.5 hingga 6 mm. Fungsinya adalah agar lempengan besi bisa tegak dan berdiri kokoh. Tiang penyangga memiliki ukuran lebar paling minimal 180 mm, ketebalan minimal 4,5 sampai 6 mm, panjang total minimal 1800 mm, tiang efektif yang berada di atas permukaan tanah adalah 655 mm.

4. Blocking atau besi pengikat

Besi pengikat merupakan profil baja yang memiliki bentuk leter U dengan penampang pelat memiliki tebal minimal 6 mm,lebar 180 mm, panjang 352 mm, dan blocking 6 mm yang fungsinya adalah untuk mengikat antara tiang penyangga dan beam atau lempengan besi.

Tahapan Pemasangan Guardrail

Setelah mengetahui spesifikasi guardrail secara teknis, maka Anda juga harus tahu seperti apa tahapan pemasangan yang akan dilakukan. Jadi sebelum mencari tempat jual alat guardrail, hal seperti ini harus diketahui juga supaya Anda paham teknis keseluruhan dari pemasangan guardrail ini.

1. Pemasangan Tiang penyangga

Pada proses pemasangan tiang penyangga, beberapa tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan lubang pondasi
  2. Di tiang yang tertanam akan dipasang akur dengan jumlah paling sedikit 3 buah.
  3. Dasar lubang akan dikeraskan dengan menggunakan lapisan pasir yang padat atau ketebalan minimal 100 mm.
  4. Posisi tiang penyangga yang akan dipasang adalah tegak lurus.
  5. Lubang dicor.
  6. Tanah yang ada di pinggir pondasi akan dipadatkan dengan menggunakan stamper.

2. Pemasangan beam

Setelah proses pemasangan tiang penyangga selesai, maka pemasangan beam atau lempengan besi sudah bisa dilakukan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Merentangkan lempengan besi
  2. Mengikat lempengan besi yang berdampingan dengan satu tiang
  3. Semua baut yang sudah terpasang harus dimatikan supaya tidak lepas
  4. Kedua ujung guardrail dilekukkan sehingga permukaan tanah atau diberi pengaman supaya pengguna jalan terjamin keselamatannya.

4. Pemeriksaan akhir

Dilakukan untuk melihat kekuatan tiang penyangga dan ketetapan penyambungan diantara lempengan besi.

Jadi itulah tadi spesifikasi dan tahap pemasangan guardrail yang benar supaya pagar pengaman jalan yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa lakukan pemeliharaan supaya guardrail tidak kehilangan fungsinya.

Jika saat ini Anda ingin mencari tempat jual alat guardrail yang berkualitas dan memang berpengalaman di bidangnya, maka Anda bisa hubungi kami di nomor 0813-1092-9115

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *