Tips Menggunakan Rumput Sintetis dan Update Harga Terbaru

 Harga Rumput SintetisSaat ini banyak orang yang lebih tertarik menggunakan rumput sintetis dari pada rumput asli untuk urusan pertamanan atau dekorasi penghijauan. Selain karena ekonomis dalam segi perawatan, rumput ini juga bersifat praktis dalam penggunaan. Tentu saja saat ini bukan hal yang tak mungkin memiliki rumah atau kantor yang mempunyai pemandangan yang menyejukkan melalui sentuhan tanaman dan rumput.

Rumput ini pertama diproduksi oleh perusahaan Monsanto untuk digunakan pada bangunan yang disebut Houston Astrodome di belahan Texas, Amerika Serikat. Sejak saat itu pamor rumput sintetis mendunia hingga saat ini. Adapun tips yang perlu diperhatikan sebelum atau saat pemasangan rumput sintetis di petak rumah atau kantor Anda, supaya hasilnya lebih maksimal dan indah dipandang. Simak ulasannya berikut.

Tips Menggunakan Rumput SIntetis Sebelum Pemasangan

1. Pilih Kualitas Terbaik

Jika budget Anda mencukupi dan Anda menginginkan tampilan yang maksimal, Anda harus memilih rumput sintetis yang tahan lama, padat, dan nampak seperti rumput asli. Rumput yang tahan lama bisa dipilih bahannya sesuai keperluan indoor atau outdoor, seperti bahan nilon untuk outdoor atau polyethylene untuk indoor. Selain itu perhatikan tingkat kepadatannya. Semakin padat, rumput sintetis akan tampak lebih bagus. Namun di lain sisi, rumput yang padat juga berbobot berat sehingga tidak cocok untuk rooftop, mereka lebih cocok diletakkan di pekarangan.

2. Diukur dengan Akurat

Karena rumput sintetis dipasang berdasarkan ukuran, maka pengukuran lahan sebelum pemasangan harus diperhatikan. Banyak orang beranggapan lebih baik membeli lebih dari ukuran sebenarnya, karena sebuah taman akan tampak aneh jika sebagian lahannya tidak tertutupi rumput karena kurang atau salah mengukur. Resikonya taman akan tak tampak alami karena ada tambalan yang tampak, atau bisa saja kehabisan jenis rumput yang sama sehingga membuatnya akan tampak berbeda dan tak alami.

3. Pilih Infill yang Sesuai

Infill adalah lapisan di balik rumput sintetis. Terdapat dua jenis infill, yakni potongan karet dan pasir. Sesuaikan infill ini dengan kebutuhan Anda. Infill berpengaruh pada tingkat keempukan rumput sintetis saat terpasang. Infill harus diganti setiap tahu untuk mengecek kenyamanan dan ketahanan rumput sintetis tersebut, terlebih jika banyak aktivitas tinggi terjadi di atas rumput itu.

4. Membeli dalam Sekali Waktu

Lebih baik membeli sekali waktu untuk jumlah yang sesuai ukuran, karena dikhawatirkan stok yang Anda inginkan tidak tersedia lagi dalam waktu dekat. Taman tampak kurang bagus jika rumputnya tampak tak alami dan seragam karena banyak tambalan.Selain itu gradasi warna hijau juga bervariasi seperti warna darker green, olive green, lime green, dan sebagainya.

5. Mempertimbangkan Keamanan

Karena berbahan plastik sintetis, keamanan atas aktivitas yang terjadi di atas rumput sintetis juga perlu dipertimbangkan. Berolahraga di atasnya tidak terlalu menimbulkan cedera namun suhunya akan terasa lebih panas dari rumput asli. Perbedaan suhunya tidak main-main, karena bisa sampai 60 derajat Celcius. Untuk itu jika memang dirasa perlu dan budgetnya memadai, pasanglah sistem pendingin yang sesuai kondisi lapangan dan ruangan supaya tidak terlalu panas.

Menarik, bukan? Lantas berapa sebenarnya harga rumput sintetis ini? Harga rumput sintetis disesuaikan dengan tipe bahan yang dipakai dalam proses produksi serta ketebalannya. Harga dihitung per satuan meter atau per bagian. Sebelum mengetahui harga rumput sintetis, ada baiknya mengetahui bahan-bahan rumput sintetis.

Jenis Bahan Rumput Sintetis

1. Polyethylene

Rumput berbahan ini memiliki struktur yang mirip sekali dengan rumput asli. Banyak orang memilih rumput sintetis dari polyethylene karena ingin mendapatkan suasana yang sangat mirip nuansa alam. Tidak hanya karena itu, struktur bahan ini lebih lembut dan warnanya hijau alami. Oleh karena itu, banyak lapangan olahraga menggunakan rumput polyethylene dikarenakan kelembutannya sehingga tak menimbulkan luka saat pemain terjatuh. Kadangkala penggunaan rumput bahan ini dipadukan dengan bahan nilon sehingga selain lapangan tersebut lembut, tapi juga memiliki ketahanan tinggi.

2. Nilon

Bahan nilon terkenal kuat, termasuk untuk rumput sintetis ini. Ketahanannya kuat sehingga permukaannya tidak mudah rusak meski ditimpa dan diinjak ribuan kali. Selain itu, rumput bahan nilon juga tahan pada suhu tinggi sehingga bisa dipakai di luar ruangan. Tentu saja dengan keistimewaan yang begitu banyak, rumput sintetis nilon dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibanding yang lain. Kelemahannya adalah rumput ini tidak tampak natural seperti rumput asli karena teksturnya yang lebih kasar.

3. Polypropylene

Rumput bahan ini merupakan yang paling murah di antara keduanya. Untuk itu penggunaannya cocok bagi pemilik rumah atau kantor yang ber budget terbatas. Dengan harganya yang murah ini, rumput polypropylene mempunyai beberapa kelemahan seperti kurang tahan lama dan cepat rusak.

Setelah mengetahui bahan dan baik buruknya, Anda pasti penasaran dengan harga rumput sintetis ini. Berikut daftar harga rumput sintetis yang disesuaikan dengan ketebalan dan negara asal produksinya.

Kisaran Harga Rumput Sintetis Terbaru

Berikut harga rumput sintetis untuk type jepang, swiss dan golf yaitu :

  • Rumput sintetis type Jepang dengan tinggi 3,5 cm harga Rp 205.000,-  per meter.
  • Rumput sintetis type Swiss dengan tinggi 2,5 cm harga Rp 185.000,-  per meter.
  • Rumput sintetis type Swiss dengan tinggi 3 cm harga Rp 200.000,-  per meter.
  • Rumput sintetis type Golf dengan tinggi 1 cm harga Rp 145.000,-  per meter.

Harga di atas merupakan perkiraan di pasaran. Jika ada beda, hal itu tergantung masing-masing penjual.

Masih bingung dan penasaran? Segera gunakan jasa agen penyedia dan pemasangan rumput sintetis di nomor kontak 0896-5331-2998. Anda bisa konsultasi lebih dahulu tentang tips-tips sebelum pemasangan di atas. Pelayanan dijamin memuaskan dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *